Senin, 18 Februari 2013

Salah Beli Tiket


Jumat 8 Februari 2013, gue beserta beberapa temen kantor (mas Wahyu, mas Yoga, mas Husni, mas Oki dan mba Qori) berangkat persis setelah selese kantor ke stasiun Senen. Karena prediksi bakalan macet banget jalanan ibukota, kite langsung nyegat taksi tuk menuju ke Senen. Namanya naik taksi ya pastinya enak adem damai dan mahal lah ya, ini sesekalinya gue make taksi (biasanya motor atau busway..murah) karena emang ngejar kereta berangkat biar gak telat. Setelah menukar tiket online dengan tiket beneran abis itu makan dan solat di mesjid sampai akhirnya jam 20:00 kita udah di dalem stasiun. Jam 20:20 akhirnya kereta Senja Utama Solo (bisnis) akhirnya dateng juga, dengan buru-buru langsung deh nyari gerbong dan tempat duduk sesuai tiket.

Dan sampailah gue di gerbong 7, serta merta gue langsung nyari tempat duduk, tertera di tiket yang nomernya 15A. Gue sengaja mesen kursi di deket jendela, supaya bias ngaca kapan aja dan akses cepet kalo gue masuk angin terus muntah-muntah, atau akses mudah keluar kalo lo iseng pengen kencing  atau eek dengan menikmati sensasi alam gituu (dingin-dingin gitu pasti ‘itu’ lo kan *taelah).  Dan emosi gue sedikit memuncak pas liat kursi 15A udah diisi sama orang lain yang seharusnya gue duduk disitu, ngehe banget lah perasaan gue saat itu mirip banget sama hatinya Ashraf Sinclair pas liat BCL ciuman sama Reza Rahardian di film yang sejatinya adalah istri orang *sewot sambil ngegigitin golok*.

Gue: Mas, ini tempat duduk saya, kok Mas-nya malah disini sih *gigit golok*
Emas-emasnya: Loh, emang saya tiketnya dapet disini kok
G: Nih liat (sambil nunjukin tiket)…di tiket saya, dapetnya kursi 15A mas *sambil ngunyah golok*
E: Di tiket saya juga tulisannya 15A kok mas (sambil nunjukin tiket juga)
…………………………………….
E: Ya pantes aja masnya bilang ini kursinya, tulisannya sih bener 15A mas, tapi itu kan tanggal 3 Februari, nah sekarang kan tanggal 8 mas, coba aja liat !!!
G: Ahh masa, eh bener mas…*goloknya ketelen* *panik*

Tiket kampret

                                                                          Kereta bisnis

Beuuh ternyata bener, gue yang bego mesen tiket tuk tanggal 3 Februari bukan yang untuk tanggal 8 Februari. Dan kehebohan gue teriak-teriak tadi bikin beberapa orang yang denger ngeliat gue sinis gitu (mereka pasti mau nampol gue, tapi gak tega gegara gue keren gitu). Dan berkat kepanikan gue, seseorang yang namanya mas Alief menawarkan tempat duduk disamping dia yang kebetulan kosong. Udah dapet tempat duduk pun gue masih panik, jelaslah gue panik kalo ntar diperiksa sama kondektur dan gue gak punya tiket (punya sih tapi kan CUMA salah tanggalnya aja *sama aja kampret !!!*).

Tiap menit sebelum kondekturnya dateng, gue berdoa dan gak bisa tidur..aku mau makan, teringat kamu (kondektur)..aku mau tidur, teringat kamu (kondektur)..kenapa semua serba kamuu (kondektur) yang akhirnya sembari menunggu kondektur gue ngobrol aja deh sama mas Alief tuk ngebantu gue klo ntar debat minta belas kasihan sama kondekturnya *ngehe kan*. Ya gimana lo gak bingung, secara di tiket tertulis “Bagi penumpang yang tidak memiliki karcis, diturunkan di stasiun terdekat” dan dekatnya situ adalah Cirebon booo..itu dimana Jakarta-Bogor-Parung-Tangerang..bisa-bisa gue diculik sama penjahat terus minta tebusan ke ortu gue kayak sinetron Cinta Fitri season 4 gitu kan.

Dan saat-saat menegangkan itu dateng, kali ini gue dapet tempat duduk di 17D (tetep minta dideket jendela biar bisa ngaca) yang letaknya paling belakang. Sementara beberapa orang yang sinis tadi pun semuanya melihat ke arah gue, menunggu kejadian menarik dan pengalaman apa jika ada orang naik kereta tanpa tiket...pffftt. Dengan telatennya itu, pak kondektur dengan senyum ramah sambil memeriksa dan MEMEGANG tiket penumpang satu per satu sampai akhirnya nyampe juga giliran gue. Dengan tampang gue yang innocent (sebenernya sih lebih mirip kayak nahan eek) dan tanpa merasa tahu kalo tiket gue salah, gue kasih deh tu tiket tuk diperiksa sama kondektur. Strategi kampret gue ternyata sukses, pak kondektur merasa tidak ada yang salah dengan tiket gue..Allahu Akbar, Alhamdulillah. Dan serentak juga, temen-temen kantor dan beberapa orang yang sinis itu pun mengacungkan jempol ke atas dan dibalas dengan acungan jempol gue menandakan semuanya baik-baik saja.

Kepanikan gue hilang dan langsung lega sekali, tapi emang karena standar transportasi gue tinggi, tetep aja gak bisa tidur di kereta bisnis *SOK BANGET !!!*. Gue langsung ngecek tiket pulang gue tuk tanggal 10 Februari, Alhamdulillah tiketnya bener terutama tanggalnya. Naik Taksaka (eksekutip) yang adem bersih nyaman mantep seneng cetar membahana *lebaay*.

Tiket eksekutip

Kereta eksekutip

Dari kejadian ini, saran deh buat lo dan gue sendiri.
1. Kalo mesen tiket online itu yang diliat jangan harganya dulu, tapi tanggal keberangkatannya.
2. Perbanyaklah doa selama perjalanan biar selamet, kali aja lo dapet tiket gratis kan *kampreet*
3. Naik kereta yang eksekutip aje, enak adem nyaman gak berisik.
4. Kalo naik kereta cari yang deket jendela, minimal banget kalo lo kentut (karena nahan eek jijik ‘ritual’ di kereta/stasiun) langsung ilang atau seenggaknya baunya cepet ilang lah.
5. Waspada sama barang-barang atau tas lo masing-masing.

Next time, blog gue ngepost kisah backpacker-an gue. Keep blogging yaa. Enjoy Life – Do Positive Things.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar