Minggu, 03 Februari 2013

Kick-Off TE 2013

Yup..udah February aja, gak terasa udah satu tahun gue ikutan wisuda S1 dan hampir 11 bulan gue kerja di sini. Waktu berlalu begitu cepat seperti beberapa kisah percintaan gue yang kebanyakan kandas dalam waktu yang cepat *taelah*.  Seperti kebanyakan orang yang bikin resolusi tuk taun depan dan evaluasi taun kemaren yang harusnya dibuat detail demi progress mencapai mimpi-mimpi mereka sendiri, begitu juga yang gue dan dinas gue lakukan #tsaaaaahhh. Tulisan gue gak diasah selama sebulan ini nih, jadi maap lah klo bikin lo penasaran nungguin updetan di blog gue *pedeee gilaa lo jirr*.

Belom ada setaun gue kerja disini jadi ya belom mengena banget sih gimana kinerja gue di taun kemaren *mulai mencari alasan* *kampret lo!*. Secara kan dari total 10 bulan yang udah dijalanin, 5 bulan diantaranya gue training di kelas jadi kinerja gue belom ke-review setaun penuh ditambah lagi musibah banjir di Jakarta, bebasnya Ariel dari penjara kemudian bikin NOAH, ditambah lagi terbitan buku dan album baru yang mereka luncurkan dan di akhir Desember muncul film Habibie-Ainun yang ada adegan BCL ciumannya *pukpuk ashraf* yang membuat gue semakin menyimpang ditambah lagi adegan Pevita Pearce di 5cm yang pas wajahnya kena sinar matahari pagi di pintu kereta,,cantiik banget. Ada kebiasaan di Dinas Engineering (TE) tiap akhir taunnya, ada The Best Employee of The Year, most productive person, most on-time person (pastinya bukan gue banget *ngehe*), nah kesemua ini dirangkum ke Kaledioskop 2012 Dinas Engineering daaaaaan kesemuanya gak ada gue-guenya donk..kok bisa?? *komen sampah*.

Tanggal 1 February kemaren di gedung serba guna kantor gue, Dinas Engineering (TE) melakukan Kick-Off 2013. Acara ini sebagai sharing session dari jajaran structural (GM dan VP Engineering) kepada seluruh jajaran staf TE tentang program dan langkah yang akan diambil oleh dinas tuk memenuhi tantangan dan menuju keberhasilan perusahaan di tahun 2013. Selain target profit yang naik menjadi 2 kali lipat dibandingkan profit 2012, di canangkan juga beberapa langkah TE untuk mengembangkan seluruh SDM professional yang ada di TE mulai dari training dan assesment. Di acara ini, gue bener-bener seksama liat presentasinya terlebih lagi dengan development SDM-nya yang merupakan excellent people (kata GM gue begini loh..berarti gue itu excellent people juga donk *nyengir-kuda* *benerin kerah baju*) untuk menjadi insan unggulan untuk memimpin GMF kedepannya dan semoga gue bisa jadi salah satunya,,aamiin. Di Kick-Off ini juga ngasih apresiasi staf/karyawan yang bener-bener bagus untuk kerjanya selama setahun yang lalu (sebuah program reward yang baik tuk memotvasi karyawan) jelas setelah tau begitu, gue juga termotivasi untuk kerja maksimal lagi kan. Uang/upah itu akan mengikuti kinerja seseorang tersebut dalam menjalankan kewajibannya, bukan sebaliknya (meskipun belom, tapi gue yakin dengan ridho Allah ttg hal ini).

Di momen Kick-Off ini sang Employee of The Year 2012 Dinas Engineering yaitu pak Abdur Rahim memberikan sharing tentang rasa syukur dan kenikmatan yang dia rasakan di TE. Beliau adalah engineering di bidang structure, yang faktanya kerjaan dan prestasi dalam mencapai profitnya sangat tinggi. Nah di tulisan ini sih sebenernya gue pengen kembali menyampaikan perkataan dari pak Abdur Rahim yang beneran bikin gue berkaca dan bersyukur atas nikmat Allah tentang rejeki. Jadi disini gue bercerita sebagai pak Rahim yee (masalahnya gue kebanyakan lupanya nih), berikut perkataannya:

Ketika ketua panitia Kick-Off bertanya sama saya tuk ngundang pemberi motivasi dari luar, saya agak keberatan karena di TE aja banyak SDM kita yang hebat yang bisa sharing motivasi ke sesama. Sebenernya contoh motivator yang paling hebat adalah Rasululloh, tapi kan beliau itu Rasul n Nabi dan berbeda ketika yang menjadi motivatornya adalah teman sepekerjaan kita (ex: Si “itu” aja bisa beli mobil Ertiga, kenapa gue nggak?? Kan dia juga biasa aja atau Kok dia bisa sih jadi the best di situ?? Dia aja bisa, kenapa gue nggak). Dan ternyata kesempatan itu diberikan ke saya, disuruh cerita kok bisa jadi Employee Of The Year-nya TE. Disini saya cerita kenikmatan-kenikmatan yang saya dapatkan disini, dan karena kenikmatan itulah yang buat saya bertahan disini, klo gak ada kenikmatan yang saya dapetkan mendingan saya keluar dan nyari yang lain deh (oh oke, disini gue ngangguk-ngangguk aja, pikirannya sama yaitu rejeki gue itu bukan tergantung dari orang lain tapi beneran Allah yang ngejagain. So klo lo pindah ya pindah aja kan gak perlu ngeluh tentang perusahaan lo). Kenikmatan yang saya dapatkan:


Multitasking. Disini saya bisa multitasking, artinya saya gak cuma kerja nyiapin engineering publication aja didepan laptop tapi bisa ngerjain yang lainnya biar gak bosen dengan rutinitas. Kerjaan disini itu, klo lagi bosen di ruangan, saya bisa dapet kerjaan yang langsung turun ke pesawat. Jadi ketika ada problem apa aja, saya berpikir kalo semua masalah itu pasti bisa diselesein, jadi saya datengin dan coba selesein deh itu masalah. (Mirip juga kayak gue, klo bosen di depan computer atau ruangan, gue datengin temen gue di ruangan lain terus gue ajakin ngobrol deh meskipun dia sibuk bakal gue gangguin biar gue gak ngobrol sama tembok <- karyawan kampret *devil face*)

Challenge. Begitu banyak challenge yang ada disini, dan kesemuanya menarik dalam artian saya curious banget buat bisa tau dan belajar cara nyeleseinnya. Saya emang gak suka membatasi diri, saya coba mencari kesalahan dan berani coba dalam nyelesein masalahnya, itulah modal yang selalu saya pegang kasarnya saya gak mau jadi katak dalam tempurung. Contoh pengayaannya, ketika kita disuruh tuk jalan menembus tembok, ada orang yang langsung menyerah karena emang tembok gak bisa ditembus, ada orang yang langsung nyari tangga biar dia bisa melewati tembok, ada juga yang berpikir nyewa bulldozer terus ngerubuhin tembok itu lalu dia jalan. Di akhir-akhir itu, beberapa orang komentar, oh boleh dirubuhin ya tembok itu,,,oh boleh dipanjat ya padahal tadi katanya harus ditembus dan beribu alasan lain yang menuntut pemakluman atas ketidakberhasilan kita. (Disni emang jleb banget, mulai sekarang gue gak tidur di meja kantor lagi tapi harus pindah ke mushollah atau gak chatting/bbm-an pas jam kantor tapi klo yang ngajakin chattingnya cewe palagi cakep ya bolelaah *itu mah sama aja kampret*)

Passion. Beruntungnya saya disini yaitu saya mendapatkan passion saya, banyak hal tentang pesawat yang ingin saya pelajari. Dan ternyata semakin banyak belajar justru saya semakin tertarik. (Beda banget sama gue, gue demen pesawat, klo disuruh belajar gue males mendingan langsung ngobrol sama anak produksi deh terus minta dijelasin dia aja biar gue gak gak capek *ngehe kan* HUAHAHAHA). Jadi bagi temen-temen yang udah lama disini namun masih ngeluh sana-sini, ya perlu ditanyakan lagi pada dirinya sendiri, kita itu nyari enjoy kok nah saran saya cepatlah mendapatkan passion anda *keprok-keprok* *ini baru laki* EXTRA JOSS.

Oiya, saya tidak selamanya benar dan award ini semoga bisa menjadi motivasi untuk kinerja kita kedepannya terutama buat saya sendiri dan yang baik dari saya bisa dicontoh teman-teman. Terimakasih banyak atas waktu dan kepercayaan perusahaan kepada saya *tepuk tangan gemuruh* *teriak Oleee Oleee Oleee* *lebaay jirr*.

Balik jadi tulisan gue sendiri…iye gue..Dito yang keren baik hati. Terimakasih. Dari pak Rahim, gue emang banyak berkaca dengan apa yang telah gue lakukan disini. Gue harus banyak bersyukur karena mendapat kenikmatan yang tidak jauh berbeda dengan pak Rahim yaa. Emang besaran gaji yang diterima gak sebesar dengan temen gue yang di minyak-tambang atau lainnya yang jauh lebih besar, tapi disini gue emang dipertemukan dengan passion dan kesempatan belajar. Itu cerita dari tempat gawe gue, dan emang yang gue saranin buat elo-elo adalah senangkah disitu atau apa yang lo cari. Rejeki lo masing-masing udah diatur dan gak tergantung dari orang lain.

Nikmat Allah yang manalagi yang bisa gue boongin klo gini yak *astagfirulloh..tobat dah*. Rumput tetangga emang lebih hijau (ya jelas aje dia rumput sintetis) tapi entar setelah di rumputnya tetangga, kita malah balik pengen ke rumput sendiri deh. Intinya manusia gak pernah puas dan kita wajib banyak syukur dan shedekah dengan kenikmatan yang Allah kasih ke kita saat ini *langsung make sorban + tasbeh*. Sekian dlu tulisan gue (fotonya nyusul)… ENJOY LIFE – DO NOTHING.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar