Terinspirasi dari film Habibie dan Ainun, gue pengen nulis pengalaman gue ketika dapet kesempatan tuk kerja praktek di PT. Dirgantara Indonesia yang letaknya di Bandung tepatnya di komplek Bandara Husein Sastranegara (info: di Bandung gak cuma ada dago, Persib, gedung sate, peyeum atau peyeumpuan aja loh). Di film yang disutradarai oleh Faozan Rizal ini, pak Habibie (tuk menghormati beliau, enaknya manggil Bapak aja ye, bukan Bapake karena dia bukan dari Tegal *yang Tegal mana suaranyaa - Ariel*) digambarkan dengan peran yang apik (mirip Bapak asli) oleh Reza Rahardian yang actingnya banyak dipuji orang, beberapa scene menceritakan pengalaman hidup Bapak ketika masih membesut (dikira pelatih bola) PTDI yang dahulu dikenal IPTN. Meskipun di film itu tetep aja ada kekurangannya, kayak Bapak dapet oleh-oleh Chocolatos dari anaknya, masa jaman segitu udah ada e-Toll dengan logo Bank Mandiri digerbang tol, sama betapa sakitnya Ashraf Sinclair pas BCL ciuman *itulah alasan kenapa gak nyari cewe artis* *nyadar dit -__-*, atau kenapa fotonya Reza Rahardian yg dipasang disamping pak Soeharto, terus kenapa juga sih dipotong pas scene perempuan cantik lagi buka baju *itu sih mau lo aja* *ngehe lo*. Diceritain gimana saat Bapak dipanggil tuk balik ke Indonesia oleh Presiden RI, dokumentasi ketika Gatotkaca pertama kali mengudara (info: hanya Indonesia yang berani menunjukkan first flight pesawat baru di depan media, Presiden dan Duta Besar), proses perjalanan berkembang dan merintisnya IPTN menjadi industri strategis di Indonesia, intrik yang dilakukan oleh pengusaha Indonesia sendiri tuk menguasai aset negara bahkan datengnya perempuan cantik yang ngasih proposal di ruangan Bapak terus mau buka baju tapi keburu ditahan sama asistennya (sialan tuh asisten, kan seru ada bumbu-bumbu bok#pnya, mana cuma dikit lagi baju yang kebuka *otak mesum*).
Faktanya, di Asean hanya Indonesia aja yang memiliki industri manufaktur pesawat, tapi sayangnya saat ini masih megap-megap kondisi perusahaannya. Kebayang banget sedihnya Bapak ketika kembali mengunjungi pesawat yang dia buat sampai menghabiskan banyak waktunya untuk itu, yang ternyata hanya menjadi rongsokan dan amat sangat mengenaskan *tau gitu mending 'main' sama BCL tiap hari - sakit hati Ashraf*. Sebagai orang yang pernah belajar tentang pesawat, kalo lo gak percaya bahwa bikin pesawat itu susah banget dan orangnya pasti hebat banget mendingan lo cobain deh ngambil mata kuliah Aerodynamics atau Perancangan Mekanikal (ngulang 3 kali) *anjir, malah curhat* *tapi gue serius ini*. Ada 3 ciptaan manusia yang selalu menjadi ketakjuban gue kalo ngeliat, yaitu jembatan panjang banget dan gedung tinggi banget karena perhitungan dan aplikasi kekuatan konstruksinya, dan pesawat karena kecanggihan teknologi yang menjamin keselamatan dari setiap orangnya. Nah, bisa-bisa bakal gue sembah-sembah si yang bikin pesawat, jembatan atau gedung (untung gak dibolehin karena takut musyrik) atau bakal gue serahkan raga gue buat dia sepenuhnya *itu juga kalo ada yang mau nerima* *paling udah eneg duluan*.
Balik ke cerita kerja praktek, meskipun gue tau kalo lo lebih seru diceritain pas perempuan cantik buka baju dan kronologis berikutnya kan *ngaku lo* *ngeces*, mengingat gue saat itu baru selese semester 6 dan diwajibkan mengambil Kerja Praktek (KP) oleh kampus di perusahaan yang berkaitan sama Mesin. Saat temen-temen sedang nyiapin proposal KP dan ngirim ke perusahaan-perusahaan lain, disitu gue udah punya niat bakal nyari tempat KP yang berhubungan tentang pesawat terbang. Karena ternyata bokap punya kenalan di PTDI, gue langsung nyiapin administrasinya dan yakin bener kalo bakalan dapet KP disitu. Harapan gue sangat tinggi kalo jadi KP di PTDI, gue pengen belajar engine-lah, airframe-lah, avionics-lah dan lain-lain *sayang di PTDI gak ada pramugari* *kan lumayan bisa dapet poto bareng* yang merupakan hasrat gue pribadi buat mengenal pesawat. Karena gue yakin belajar pesawat itu susah, munculah niat jahat gue buat memanfaatkan temen kosan HAHAHAHA *ngehe kan* langkah pertama, gue ajakin si Dede Sumantri M07 (Desum) yang pada saat itu lagi sibuk-sibuknya tuh nyiapin mobil SEM-UI buat timnya biasanya dia jadi temen curhat gue, dengan baiknya gue bilang ke dia “Sum, buat tempat KP, lo santai aja ya, fokus aja dibikin mobil SEM-nya, ntar KP pasti bareng gue..pasti sum” (baik banget kan gue *devil face*). Langkah kedua, gue harus mengajak anak yang pinter nih biar laporan akhirnya bagus terus dapet nilai A seenggaknya gue kecipratan jadi A- lah *ngehe kan*, di kosan gue yang pinter cuma Arandityo Narutomo M07 (Rantot) dan Rano Andrey Aritonang M07 sisanya nothing lah HAHAHAHA, akhirnya hanya si Rantot yang mau bergabung dengan tim KP gue (gue yakin ni 2 orang baru tau alasan gue ngajak dia KP di PTDI *case closed*) .
Akhirnya, awal July 2010 gue bertiga memulai KP di PTDI dan memiliki harapan yang begitu tinggi untuk mendapatkan ilmu lebih buat belajar kedepannya, terlebih saat itu gue sumringah banget karena baru balikan sama cewe gue dan gak kebayang gimana keadaan dia saat gue jauh tak bersamanya *najiss* *lebay jir* dan harus dipisahkan oleh tugas negara yang akhirnya putus juga sih. Karena tim KP gue dapet approval juga gara-gara link personal buat bisa KP disitu, jadilah kami anak serabutan masuk jam 7 dan balik jam 4, terus gak ngapa-ngapain selain baca buku tebel dan ngobrol (saran gue kalo mau masukin proposal mendingan ke jalan resmi deh, apalgi ke calon bini lo, jangan "nge-DP-in" dulu lo). Selama 3 minggu KP disitu, ternyata emang sedikit yang dipelajari dan emang begitu ya, alhasil di 1 minggu terakhir cuma telpon-telponan cewe masing-masing (yaiyalah, masa barter) dan pada bawa laptop masing-masing juga buat Facebook-an atau main Football Manager *kelakuan* *isi di laptop cuma ada film dan musik*.
Faktanya, di Asean hanya Indonesia aja yang memiliki industri manufaktur pesawat, tapi sayangnya saat ini masih megap-megap kondisi perusahaannya. Kebayang banget sedihnya Bapak ketika kembali mengunjungi pesawat yang dia buat sampai menghabiskan banyak waktunya untuk itu, yang ternyata hanya menjadi rongsokan dan amat sangat mengenaskan *tau gitu mending 'main' sama BCL tiap hari - sakit hati Ashraf*. Sebagai orang yang pernah belajar tentang pesawat, kalo lo gak percaya bahwa bikin pesawat itu susah banget dan orangnya pasti hebat banget mendingan lo cobain deh ngambil mata kuliah Aerodynamics atau Perancangan Mekanikal (ngulang 3 kali) *anjir, malah curhat* *tapi gue serius ini*. Ada 3 ciptaan manusia yang selalu menjadi ketakjuban gue kalo ngeliat, yaitu jembatan panjang banget dan gedung tinggi banget karena perhitungan dan aplikasi kekuatan konstruksinya, dan pesawat karena kecanggihan teknologi yang menjamin keselamatan dari setiap orangnya. Nah, bisa-bisa bakal gue sembah-sembah si yang bikin pesawat, jembatan atau gedung (untung gak dibolehin karena takut musyrik) atau bakal gue serahkan raga gue buat dia sepenuhnya *itu juga kalo ada yang mau nerima* *paling udah eneg duluan*.
Balik ke cerita kerja praktek, meskipun gue tau kalo lo lebih seru diceritain pas perempuan cantik buka baju dan kronologis berikutnya kan *ngaku lo* *ngeces*, mengingat gue saat itu baru selese semester 6 dan diwajibkan mengambil Kerja Praktek (KP) oleh kampus di perusahaan yang berkaitan sama Mesin. Saat temen-temen sedang nyiapin proposal KP dan ngirim ke perusahaan-perusahaan lain, disitu gue udah punya niat bakal nyari tempat KP yang berhubungan tentang pesawat terbang. Karena ternyata bokap punya kenalan di PTDI, gue langsung nyiapin administrasinya dan yakin bener kalo bakalan dapet KP disitu. Harapan gue sangat tinggi kalo jadi KP di PTDI, gue pengen belajar engine-lah, airframe-lah, avionics-lah dan lain-lain *sayang di PTDI gak ada pramugari* *kan lumayan bisa dapet poto bareng* yang merupakan hasrat gue pribadi buat mengenal pesawat. Karena gue yakin belajar pesawat itu susah, munculah niat jahat gue buat memanfaatkan temen kosan HAHAHAHA *ngehe kan* langkah pertama, gue ajakin si Dede Sumantri M07 (Desum) yang pada saat itu lagi sibuk-sibuknya tuh nyiapin mobil SEM-UI buat timnya biasanya dia jadi temen curhat gue, dengan baiknya gue bilang ke dia “Sum, buat tempat KP, lo santai aja ya, fokus aja dibikin mobil SEM-nya, ntar KP pasti bareng gue..pasti sum” (baik banget kan gue *devil face*). Langkah kedua, gue harus mengajak anak yang pinter nih biar laporan akhirnya bagus terus dapet nilai A seenggaknya gue kecipratan jadi A- lah *ngehe kan*, di kosan gue yang pinter cuma Arandityo Narutomo M07 (Rantot) dan Rano Andrey Aritonang M07 sisanya nothing lah HAHAHAHA, akhirnya hanya si Rantot yang mau bergabung dengan tim KP gue (gue yakin ni 2 orang baru tau alasan gue ngajak dia KP di PTDI *case closed*) .
Akhirnya, awal July 2010 gue bertiga memulai KP di PTDI dan memiliki harapan yang begitu tinggi untuk mendapatkan ilmu lebih buat belajar kedepannya, terlebih saat itu gue sumringah banget karena baru balikan sama cewe gue dan gak kebayang gimana keadaan dia saat gue jauh tak bersamanya *najiss* *lebay jir* dan harus dipisahkan oleh tugas negara yang akhirnya putus juga sih. Karena tim KP gue dapet approval juga gara-gara link personal buat bisa KP disitu, jadilah kami anak serabutan masuk jam 7 dan balik jam 4, terus gak ngapa-ngapain selain baca buku tebel dan ngobrol (saran gue kalo mau masukin proposal mendingan ke jalan resmi deh, apalgi ke calon bini lo, jangan "nge-DP-in" dulu lo). Selama 3 minggu KP disitu, ternyata emang sedikit yang dipelajari dan emang begitu ya, alhasil di 1 minggu terakhir cuma telpon-telponan cewe masing-masing (yaiyalah, masa barter) dan pada bawa laptop masing-masing juga buat Facebook-an atau main Football Manager *kelakuan* *isi di laptop cuma ada film dan musik*.
Inti dari tulisan ini sebenernya mau ngasih tau apa aja yang gue pelajarin loh ya, bukan tentang peyeumpuan kok *tetep gak penting sih*.
Selama 3 minggu itu, semua buku yang kami pelajari adalah menyangkut airframe dan engine pesawat helikopter Super Puma NAS332C1, gue dapet lifting systemnya, Desum dapet airframe-nya dan Rantot tentang engine-nya. Khusus materi yang gue dapet yaitu tentang lifting system, kalo di pesawat itu wing sedangkan helikopter itu baling-balingnya, jadi yang gue pelajari tentang interval pelumasan systemnya, flight control dan fenomena aerodinamika yang terjadi pada baling-baling pesawat itu *gue yakin lo akan terpesona sama gue* *padahal gue gak ngerti materinya* *hopeless engineer*. Belajar materi itu aja udah mau muntah-muntah kayak orang bunting gegara systemnya kompleks banget kayak kisah percintaannya Cu Pat Kai (deritanya tiada akhir *taelah), gimana disuruh belajar semua sistem pesawat bahkan cara bikin pesawat kayak Bapak lakuin, bisa gila deh gue tapi bisa kurus juga bahkan dapet istri kayak BCL. Itulah yang gue amaze dari orang-orang yang ada di dunia dirgantaraan, gak lain hanya karena system yang begitu kompleks dan teraturnya sehingga dapat dioperasika dengan aman tuk menjamin nyawa penumpangnya.
Kami dibimbing langsung oleh pak Sutikno (sekitar 50-60 tahun, jadi -10 tahun usianya *becanda pak), menurut cerita dari staff-ny, beliau adalah nyawanya Super Puma yang berkeliaran di Indonesia mulai dari bikin sampai dengan maintenancenya dan pemegang license dari Eurocopter (manufaktur helikopter di France). Pertama kami berkenalan dengan beliau, langsung digadang-gadang sebagai ‘anak muda penerus bangsa’ di bidang dirgantara, betapa terbebenaninya kita, orang cuma mau tau pesawat buat ditulis ke laporan akhir biar dapet nilai A doank kok, ketika itu beliau bercerita sampai menangis tentang keprihatinan dia karena udah jarang anak S1 dari universitas ternama di Indonesia dateng ke PTDI untuk mencari ilmu dan belajar untuk membangkitkan era kejayaan ke-dirgantara-an Indonesia. Gue sendiri shock dan hanya bisa mengaminkan doa beliau supaya kami bertiga benar akan menjadi ‘anak muda penerus bangsa’ di dunia kedirgantaraan. Aamiin. Dari pak Tikno ini, kami bisa bercengkerama dengan para engineer dan mechanic yang ada di lapangan, meskipun biasanya mereka banyak ngopi-ngerokok-ngobrol aja karena emang gak ada kerjaan atauudah kaya. Betapa terkejutnya gue ketika ngobrol dengan bapak-bapak ini, mereka adalah engineer dan mechanic terbaik di Asean yang masih bertahan di PTDI karena kecintaannya akan perusahaan ini dan cita-citanya untuk membangkitkan kejayaan dunia dirgantara di Indonesia. Info dari bapak-bapak ini, Eurocopter hanya akan menerima sekitar 5 orang qualified dari Asean untuk bisa training langsung pesawat Super Puma di France sana, dan semua yang ngobrol-ngobrol itu adalah peserta-pesertanya. Sampe sekarang gue ngerasa kasihan dan miris dengan negara ini yang belom bisa melihat potensi-potensi hebat anak negerinya sendiri, dan faktanya anak-anak terhebat ini masih setia di PTDI yang kondisinya masih tetep kurang baik dengan tetap berharap bahwa cita-citanya meskipun belom terwujud tetep akan dilanjutkan oleh generasi emas setelah mereka ini. Kalo mikirin tentang hal kayak gini, gue sering nangis sendiri karena gak tau alasannya, PTDI merupakan kebanggaan Indonesia dan bahkan sudah dilirik oleh dunia (terbukti akan ada kerjasama PTDI-Boeing dan PTDI-Airbus Military) tapi masih sedikit ‘sentuhan’ dari pemerintah.
Selama 3 minggu itu, semua buku yang kami pelajari adalah menyangkut airframe dan engine pesawat helikopter Super Puma NAS332C1, gue dapet lifting systemnya, Desum dapet airframe-nya dan Rantot tentang engine-nya. Khusus materi yang gue dapet yaitu tentang lifting system, kalo di pesawat itu wing sedangkan helikopter itu baling-balingnya, jadi yang gue pelajari tentang interval pelumasan systemnya, flight control dan fenomena aerodinamika yang terjadi pada baling-baling pesawat itu *gue yakin lo akan terpesona sama gue* *padahal gue gak ngerti materinya* *hopeless engineer*. Belajar materi itu aja udah mau muntah-muntah kayak orang bunting gegara systemnya kompleks banget kayak kisah percintaannya Cu Pat Kai (deritanya tiada akhir *taelah), gimana disuruh belajar semua sistem pesawat bahkan cara bikin pesawat kayak Bapak lakuin, bisa gila deh gue tapi bisa kurus juga bahkan dapet istri kayak BCL. Itulah yang gue amaze dari orang-orang yang ada di dunia dirgantaraan, gak lain hanya karena system yang begitu kompleks dan teraturnya sehingga dapat dioperasika dengan aman tuk menjamin nyawa penumpangnya.
Kami dibimbing langsung oleh pak Sutikno (sekitar 50-60 tahun, jadi -10 tahun usianya *becanda pak), menurut cerita dari staff-ny, beliau adalah nyawanya Super Puma yang berkeliaran di Indonesia mulai dari bikin sampai dengan maintenancenya dan pemegang license dari Eurocopter (manufaktur helikopter di France). Pertama kami berkenalan dengan beliau, langsung digadang-gadang sebagai ‘anak muda penerus bangsa’ di bidang dirgantara, betapa terbebenaninya kita, orang cuma mau tau pesawat buat ditulis ke laporan akhir biar dapet nilai A doank kok, ketika itu beliau bercerita sampai menangis tentang keprihatinan dia karena udah jarang anak S1 dari universitas ternama di Indonesia dateng ke PTDI untuk mencari ilmu dan belajar untuk membangkitkan era kejayaan ke-dirgantara-an Indonesia. Gue sendiri shock dan hanya bisa mengaminkan doa beliau supaya kami bertiga benar akan menjadi ‘anak muda penerus bangsa’ di dunia kedirgantaraan. Aamiin. Dari pak Tikno ini, kami bisa bercengkerama dengan para engineer dan mechanic yang ada di lapangan, meskipun biasanya mereka banyak ngopi-ngerokok-ngobrol aja karena emang gak ada kerjaan atau
Sebutlah ini merupakan nasionalisme yang muncul dari para karyawan PTDI itu sendiri,
“Kami bersedia dibayar berapapun
asalkan PTDI tetap hidup”
Kalimat ini sempet gue baca di media internal PTDI itu sendiri tentang gejolak kembang-kempisnya perusahaan itu. Mereka bersedia hidup seadanya, demi menjaga kebanggan Indonesia ini tetap berjalan karena mereka gak mau ketika anak cucunya se-Indonesia nanti gak bisa liat PTDI itu berdiri tetep gagah dan menciptakan pesawat buatan anak negeri sendiri. Betapa terenyuh gue, ini loh salah satu yang dinamakan Cinta Indonesia, orang-orang mereka sangat kompeten dibidangnya dan tetep memberikan kualitas terbaik dan kemampuan maksimal mereka untuk menciptakan pesawat yang disitu tertera buatan PT. Dirgantara Indonesia.
Terinspirasi lagi dari film 5cm (lagi bangga sama film Indonesia) yang di atas Mahameru mereka menyatakan bahwa akan tetep berada di Indonesia dan akan tetep mencintai Indonesia. Oiya, lo setuju gak sih kalo di filmnya itu si Pevita Pearce cantik banget pas dia keluar di pintu kereta terus kena sinar matahari pagi *penderitaan tiada akhir* *jangan siksa aku didunia ya Allah*. Sekian cerita kerja praktek gue yang Alhamdulillah dapet nilai A (target dari taktik gue yang hebat berhasil << ngehe). Tapi disamping itu, gue mendapat pelajaran yang lebih bermoral sebagai anak Indonesia kalo lo harus tetep berjuang tuk kemajuan Indonesia, bagaimanapun itu caranya dan yakin lo pasti bisa. Dari kesempatan gue KP disinilah, gue belajar kalo ilmu itu gak hanya dari apa yang lo pelajarin dikuliah atau sekolah aja, tapi ilmu itu bisa dateng dan lebih hebat dari orang atau benda ciptaan Allah yang bahkan bukanlah apa-apa menurut lo.
Indonesia itu milik lo, cintailah Dia dan tumbuhlah menjadi yang terbaik untuk Dia.
Aamiin.
Indonesia itu milik lo, cintailah Dia dan tumbuhlah menjadi yang terbaik untuk Dia.
Aamiin.
diunduh dari google.com
Jangan bilang kalo baru tau ini logo PTDI
diunduh dari google.com
Pesawat N-250 yang melegenda
Helikopter Super Puma NAS332 milik TNI-AU (tampan banget gue)
Wkwkw
BalasHapusmas mohon infonya untuk syarat" KP di PT.DI ..mungkin mas ada contact person orang sana mas.... ini email saya fhandhanjar@gmail.com
BalasHapusterima kasih mas