Minggu, 23 Desember 2012

Tes Masuk

Assalamualaikum wr.wb

HAIII GUYSSSS !!!!! (gaya Ikang Fawzi)

Banyak dan sering kita denger kalo “Rejeki, Jodoh, dan Maut” (disingkat jadi RJM, biar lebih eksis jadi RJM48 *taelah*) itu ditangan Allah. Kalo ngomong tentang jodoh, gue juga belom tau jodoh gue siapa, apalagi kalo ngomongin tentang maut *amit-amit sambil getok meja* yang gak tau kapan kita dipanggil-Nya. Karena RJM48 itu rahasia Allah, jadi gue mendingan ceritain rejeki (kerja kantoran) yang gue udah terima saat ini di-ribuan rejeki yang di kasih Allah ke gue. Saat ini gue kerja di PT. GMF AeroAsia anak perusahaan PT. Garuda Indonesia (Persero). Ketika seorang mahasiswa lulus dan menyelesaikan kuliahnya, munculah beban untuk mencari kerja yang sesuai dengan bidang yang dia pelajari selama 4 tahun (kalo on-time) atau 4.5 tahun (kayak gue *fiuuh*) yang tiba-tiba resmi punya nama tambahan xxxxx.,S.T. Begitu juga gue, yang gak enak kan kalo lulusan universitas ternama tiap hari kerjannya di rumah nontonin Insert-Pagi, Insert-Siang sampe Insert-Investigasi di ruang keluarga *obsesi jadi artis dan masuk tipi* *kayak si Ryan Jombang* *amit-amit deh*.

Jujur gue ikut seleksi kerja dari waktu gue semester 9, udah kelas isinya cuma junior, keliatan kakak bego sama maba, kulaihnya kok makin susah, mending nyari dan ikut-ikut tes kerja kali aja dapet jodoh disana seenggaknya gue dapet nomer mba yang nelpon buat gue dateng tes juga udah bersyukur banget <-- orang kesepian*. Akhirnya dari waktu senggang liat Facebook, disana muncul post grup Mesin n Kapal dari temen gue Andre Grivanzy M07, dia ngepost ada lowongan buat S-1 Teknik Mesin di PT GMF AeroAsia dan kirim CV serta kelengkapannya ke Hesti Ibrahim. Harapan gue masuk Teknik Mesin sebenernya emang tuk mengenal pesawat secara kecil, masuk ke Penerbangan ITB tapi males gara-gara lokasi-nya jauh di Bandung (padahal emang dasar nilai SPMB-nya kurang). Sebenernya gue juga gak yakin, karena selama belajar 4.5 tahun gue gak pernah ngambil mata kuliah yang tentang pesawat-pesawatan gitu kayak Aerodinamika dan Turbine Engine *susah dapet nilai A* *memperbaiki IPK bro* *biasa aje tampang lo* tapi kalo belom dicoba ya gak akan tahu hasilnya gimana. Langsung gue follow-up dan kirim CV serta kelengkapannya ke Hesti Ibrahim itu harapannya bakal ditelpon mba-mba lagi terus gue save ke hape gue terus ngajak ketemuan deh baru dateng tes kerja *masih aje*. Sekitar 2 minggu kemudian akhirnya gue ditelpon sama mba-nya, dan udah masukin jadwal gue buat ikut tes dihari itu juga, meskipun terpaksa gue harus cabut kuliah dan nitip absen (lagi) ke junior *sikap jirr*. Pas itu gue juga berharap semoga yang tes besok gak ada anak UI-nya lebih-lebih anak Mesin, biar saingannya dikit terus gue keterima kerja disitu *tatapan sinis - fokus camera zoom-in zoom-out ke mata gue* yang ternyata pada hari pelaksanaan tes gue bareng Kemal Permadi M06, Eka Sutrisna M07 dan Quad Riyanto M07 serta sekitar 20-an anak UI dan ITB lainnya dari beda jurusan, makin berat aja saingannya. Berikut akan diceritakan per tahapan tesnya :

Tahap 1: Psikotes
Pada pagi hari ini, setibanya di kantor Manajemen Building GMF dimana gue berangkat jam setengah 6 dari kosan di Depok, disambutlah gue dengan bapak Security yang ramah. “Mau tes ya mas, silakan taro KTP tuk dituker dengan ID pass dan masuk ke Ruang Jakarta di lantai 3” kata security. Sampai di Ruang Jakarta, sekejap pikiran gue tentang orang-orang yang nunggu disini adalah “saingan” dan dari sekian banyak itu ada Kemal, Quad, dan Eka didalamnya. Pada saat psikotes, satu-satunya hal yang gue pikirkan adalah menjawab soal-soalnya secara tepat dan cepat, kalo mau sombong sih tiap gue ikutan tes kerja selalu lanjut ke tahap seleksi berikutnya setelah psikotes. Penyebabnya gak lain dan gak bukan adalah gue udah hafal ampe “nglotok” sama soal psikotesnya *efek keseringan ikutan psikotes* *bukannya makin pinter ngejawabin soalnya, tapi malahan jadi hafal* itu sebagian trik-trik ngerjain soal psikotes dari gue *terus gue harus bilang WOOW gitu??*. Gue kerjain dengan serius semua proses psikotesnya, dengerin baik-baik perintah kerjanya, mulai ngerjain dari soal gambar, ngegambar orang, ngegambar pohon mangga, jumlahin angka di kertas koran, dan jawab 150 pilihan a/b.

Setelah beres psikotes dan keluar ruangan, gue-Eka-Quad ngobrol-ngobrol tentang hasil tesnya kelak. Ketiganya sepakat, kalo tesnya agak lebih susah dari tes di tempat lain, emang jujur yang gue rasain sih hafalan soal gue cuma keluar dikit aja sisanya ngasal deh. Kami menyempatkan makan dulu di Pool Damri Soekarno-Hatta sebelum akhirnya pamitan pulang dan sama-sama berdoa bisa masuk di perusahaan itu sambil menunggu telpon dari mba-mbanya lagi buat undangan ke tahap berikutnya

.
Tahap 2: Interview w/ psikolog
Setelah 2 minggu, akhirnya dapet telpon juga buat dateng ke proses berikutnya. Dan gue gak cabut kuliah lagi, emang karena pas gak ada kuliah *maklum, mahasiswa tingkat atas kuliahnya jarang, udah gitu sering cabut* dan infonya adalah interview sama psikolog, gue langsung latihan tuk belajar dan menata kata tiap kata yang benar dan baik serta mudah dipahami (gue pernah ribut sama psikolog pas tes kerja di Daihatsu karena 2-2nya gak nyambung). Berikut percakapannya:

Bu Heidi: “Silakan duduk dan perkenalkan nama kamu..” *straight face*
Gue: “Nama saya Aditya Eka dan biasa dipanggil Dito, saya lulusan dari blablablablabala............” *muka sumringah penuh senyum SELALU*
B: “Kamu dari kecil sampai sekarang apa aja yg udah dilakuin” *straight face*
B: “Kamu lebih deket sama siapa kalo di rumah?? Cara kamu jagain adik cewe kamu gmana??” *straight face*
B: “Bagaimana cara kamu menjaga pola hidup kamu?? Teman kamu?? Kerjaan di kampus” *straight face*
B: “blablablablablabla...........................................................” *straight face*
B: “Terimakasih Adit, interviewnya sudah cukup, nanti akan dihubungi kembali kalo lolos tahap ini” *tetep straight face* *tauah* *bodo amat* *bikin kesel*

(ini adalah pertanyaan yang menghentak, karena baru kali ini gue ngalamin sang pe-wawancara bertanya aktifitasnya dari kecil si interviewernya hal kayak gini) dari perbincangan ini, sejenak gue merasa aneh, karena dari beberapa ikut interview, selalu yang ditanyakan adalah aktifitas kampus, skripsi dan mengapa melamar di perusahaan terkait. Tapi bu Heidi ini bertanya tentang kepribadian gue, aktifitas gue di rumah, hubungan-interaksi dengan keluarga gue dari gue lahir dan menyelesaikan kuliah gue. Disini gue merasakan, memang ada “kualifikasi” khusus yang diperlukan selain pendidikan dan aktifitas kehidupan kampus.

Tahap 3: Interview w/ Users
Tahap 3 ini menurut gue adalah tahap paling absurb. Gimana gak absurb, banyak pertanyaan dari users gak bisa gue jawab dan dengan jurus ampuh gue yaitu senyum ramah dan bilang “saya bisa pak, tapi saya lupa tuh” *lah* *tetep aje lo gak bisa ngerjain intinya*. Udah gitu, gue gak bawa transkip nilai gue, disitu gue bilang kalo saya kuat di perancangan mekanikal (jelas aja kuat, alamat tiap semester ngulang mata kuliahnya) dan untungnya pak Bambang dan pak Ipenk (Users saat itu) percaya dengan ke-”kuat”-an gue itu. Sebelumnya, kemarin malam gue ngehubungin pak Indra (dosen mata kuliah Finite Element Methid) untuk minta ijin gak bisa ikut UAS karena dihubungin sama orang buat dateng tes, alhamdulillah sekali beliau mengerti keinginan gue untuk bisa bekerja di dunia dirgantara. Berikut percakapannya antara gue dan users (pak Bambang dan pak Ipenk):

Users: “Silakan perkenalkan diri kamu” *senyum santai* *udah gak straight face lagi* *yeah*
Gue: “Nama saya Aditya Eka dan biasa dipanggil Dito, saya lulusan dari blablablablabala............” *muka sumringah penuh senyum SELALU*
U: “Could you explain about your undergraduate thesis?? That so interested for me...”
G: “Of course, blablablalbalbalbalala..................”
U: *balik bahasa Indonesia lagi* “Bahasa Inggris kamu udah lumayan, tinggal dibagusin lagi di kemudian hari. Adit, karena kamu anak Mesin pasti udah biasa donk ngitung-ngitung gitu kan, secara kamu kan engineer ya Dit. Itu di papan tulis be;akang kamu ada soal, coba kamu kerjakan”
G: *ku hanya duduk terdiam menunggu untuk tahu ..... – Maliq n D’Essential* *liat belakang dengan perlahan* *nelen ludah* *muka pucet nahan boker* (dengan pede-nya gue ambil spidol dan berjalan ke arah papan tulis buat ngerjainn soal integral) “Siap pak”
U: “Bisa kan dit??”
G: “Saya bisa pak, tapi saya lupa tuh” *garuk-garuk kepala* *senyum ramah*
U: “Yaudah, tolong gambarin siklus Otto dan siklus diesel dit !!”
G: (bikin garis sumbu x-y, dengan huruf P-V disana, dan...) “Saya lupa pak...”
U: “Jelaskan tentang diagram stress and strain”
G: (garis sumbu x-y, dengan lambang σ dan ε ditu) “blablablablabla.......” *jawabannya bener* *sujud syukur*
U: “Kalo teori limit matematika dit??”
G: (tanpa basa-basi) “Itu juga lupa pak”
U: (sambil geleng-geleng kepala) “Kamu itu kuliah ngapain aja sih dit?? Kok lupa semua sih?? Pfffft..”
G: “Lupa juga pak..”

Ya alhamdulillah, ditengah ke-awkward-an gue itu, interview pun kembali cair dengan pertanyaan terkait personality gue dari bekerja, bagaimana ngatur kuliah dan organisasi dikampus, kenapa kok suka pesawat, berapa gaji yang kamu inginkan, berapa lama kamu bekerja, apa yang kamu cari buat kerja dan hal lain-nya yang “ditulisan lain” ntar gue ceritain lagi kenapa memilih GMF sebagai tempat kerja gue. Di ujung interview, pak Bambang berkata suatu hal yang menjadi harapan gue, meskipun baru klise gitu.

U:”Oke dit, sudah veres interviewnya. Kamu orangnya menarik, dan kalo lolos nanti ditelpon kembali”

Akhirnya gue pulang dan tetep berdoa semoga lanjut ke tahapan berikutnya. Aamiin.
Dan coba dibanyangkan, proses dari tahap-3 ke tahap-4 sekitar 1 bulan donk, gue ngerasa digantungin banget sedangkan beberapa tempat yang gue ikutin prosesnya juga udah sampai di akhir-akhir menjelang kontrak.

Tahap 4: Medical Check-up
 Akhirnya gue dapet telpon...........

ceritanya BERSAMBUNG.........

(sambungannya tentang tahap 4 dan proses sign contract yang dateng berbarengan dalam 1 minggu dengan 4 kontrak dari tempat yang lain) 


4 komentar:

  1. info tentang medcek nya apa gan klo tau?

    yg di share di atas, bener2 ditanyain gan pas interview..:)

    BalasHapus
  2. Keren....tapi yang paling ditakutkan kalo interviewer bahas tentang ilmu akademik...secara akademik gua pas pasan...semoga allah menuntunku dalam tes wawancara user yang akan dilaksanakan besok tgl 10 maret 2016....aamiiinnn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas tezha ikut gmf bacth 6 ya? udah dapet informasi untuk interview user mas? kok saya gak dapet ya?

      Hapus
  3. Kak, boleh tanya bagaimana masuk magang di GMF ?
    Semoga kaka mau sharing ilmunya ke saya.
    Line saya : sayramajr

    BalasHapus